Bawaslu Jember: Mahasiswa Bisa Menjadi Pengawas Pemilu Partisipatif

0

Jember, (kabarjawatimur.com) – Bawaslu Kabupaten Jember memasuki tahapan Pemilu 2024 menggelar “Sosialisasi dan implementasi peraturan dan non peraturan dengan tema Penegakan Hukum Pemilu”.

Sosialisasi ini melibatkan perwakilan Mahasiswa dari Perguran Tinggi di Kab. Jember sebanyak 75 peserta di salah satu hotel, Rabu (21/9/2022).

Tiga orang anggota Bawaslu Kabupaten Jember antara laim Andhika Firmansyah, Dwi Endah Prasetyo Wati, Ali Rahmat Yanuar menjadi narasumber. Salah seorang anggota Bawaslu propinsi Jawa Timur Purnomo Satrio Pringgodigdo melalui fasilitas daring (onliner) juga menjadi salah satu narsumber.

Kepada para peserta, mereka menjelaskan aturan-aturan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Para narasumber tersebut pada kesempatan itu mengajak mahasiswa menjadi bagian elemen masyarakat bersama Bawaslu ikut melakukan pengawasan tahapan Pemilu.

Loading...
Baca Juga  Pukul Pengunjung Wanita, Satpam Cafe Phoenix Dibekuk

“Seluruh elemen masyarakat melalui temen-temen mahasiswa untuk menjadi bagian dari Bawaslu Kabupaten Jember dalam melakukan pengawasan Seluruh Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024,” kata Komisioner Bawaslu Andhika Firmansyah.

“Bawaslu Kabupaten Jember memberikan pemahaman terkait jenis jenis pelanggaran Pemilu yang kerap kali terjadi pada penyelenggaraan baik Pemilu maupun pemilihan yang akan di selenggarakan serentak di Tahun 2024 , agar masyarakat ikut andil dalam melakukan pengawasan partisipatif,” sambungnya.

Para narasumber juga menjelaskan salah satu contoh bagaimana para mahasiswa diharapkan ikut berperan atau menjadi bagian dari kami dalam hal pengawasan yaitu pada saat ini Tahapan Pendaftaran Dan Verifikasi administrasi Partai Politik.

“Banyak masyarakat yang di catut namanya menjadi Anggota Partai Politik. Jadi kami megharapkan bantuan dari adik adik mahasiswa untuk membantu menyebarkan aturan aturan yang harus di tegakkan. Jika ada pelanggaran maka segera melaporkan kepada kami Bawaslu Kabupaten Jember. (*)

Baca Juga  Tak Kuorum, Rapat Paripurna DPRD Bersama Pemkab Bangkalan Molor

Reporter: Eko

Loading...
Artikulli paraprakSaat di Pelabuhan Bawean, Wabup Gresik Ingatkan Pentingnya Keselamatan Pelayaran

Tinggalkan Balasan