Bantu Pasien Covid-19, PMI Jember Produksi Plasma Konvalesen

63

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Jember dan sekitarnya kembali melonjak. Kondisi ini membuat PMI Kabupaten Jember bergerak cepat dengan membeli peralatan afaresis baru untuk memproduksi plasma konvalesen.

Pasalnya sejak terjadinya peningkatan jumlah pasien Covid-19, permintaan plasma konvalesen juga meningkat.

Dengan peralatan barunya, kini PMI Kabupaten Jember secara mandiri mamlu memproduksi plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD) PMI di Jl Srikoyo Patrang.

Ketua PMI kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki menyatakan UDD PMI di Jl Sriyoko Patrang Kabupaten Jember sudah mampu memproduksi plasma konvalesen.

“Alat afaresis baru sudah datang, sumber daya manusia yang mengoperasikan sudah siap. Produksi plasma konvalesen sudah bisa dimulai,” kata Zaenal Marzuki.

PMI bersama RSD dr Soebandi Jember tahun lalu menjalin kerjasama untuk memproduksi plasma konvalesen. Setelah jumlah pasien Covid-19 menurun beberapa waktu lalu, produksi plasma konvalesen juga berhenti karena tak ada lagi permintaan plasma konvalesen.

Baca Juga  Bertengkar, Suami Siri Tega Bunuh Istri lalu Rampas HP dan ATM Korban

Namun, setelah pasaien Covid0-19 melonjak lagi, produksi plasma konvalesen atas kerjasama dengan RSD dr Soebandi belum bisa diaktifkan kembali.

Loading...

Melihat kondisi itu, PMI Kabupaten Jember berinisiatif membeli alat aferesis sendiri untuk memproduksi plasma konvalesen.

“Sudah kita uji coba dengan alat dan sumber daya PMI sendiri. Alhamdulillah berjalan baik,” katanya.

”Kini UDD PMI Jember sudah siap melakukan donor plasma konvalesen bagi penyitas Covid-19,” ujarnya.

Seiring banyaknya warga terpapar Covid-19, kini kebutuhan plasma konvalesen juga mengalami kenaikan.

“Banyak beredar di media social pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma konvalesen. Banyak juga yang menghubungi saya atau pengurus, pengawai dan relawan PMI yang dihubungi keluarga pasien yang membutuhkan plasma konvalesen,” imbuhnya.

Baca Juga  Rektor UTM Berikan Penghargaan pada Prodi, Dosen, Tendik dan Mahasiswa Berprestasi

EA Zaenal Marzuki mengingatkan masyarakat agar lebih waspada kepada Covid-19. Apalagi, Covid-19 varian baru diperkirakan sudah menyebar di Jember dan sekitarnya.

“Harus tetap patuhi protokol kesehatan untuk memakai masker, kalau bisa maskernya dobel saat di luar rumah, jagak jarak, selalu cuci tangan, jauhi kerumunan, di rumah saja,” ujarnya.

Selain itu, tim relawan PMI kini juga aktif keliling melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai wilayah di Kabupaten Jember.

“Relawan yang di lapangan juga melakukan sosoalisasi pencegahan Covid-19,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Artikulli paraprakHari Pertama PPKM Darurat Diberlakukan, Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan di Bojonegoro
Artikulli tjetërPenerapan PPKM Darurat, Polda Jatim Melakukan Pengendalian dan Pembatasan Mobilitas Masyarakat

Tinggalkan Balasan