Bangkalan Diguyur Proyek Irigasi Pertanian

185
Istimewa

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com) – Kabupaten Bangkalan diguyur Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Pada tahun 2021 proyek irigasi pertanian di Kota Salak sebanyak 142 lokasi yang tersebar di beberapa desa di Bangkalan.

P3-TGAI merupakan program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh perkumpulan petani pemakai air.

Proyek irigasi pertanian bersumber dari dana APBN dibawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR). Tiap lokasi pembangunan irigasi pertanian dianggarkan sebesar Rp 195 juta.

Loading...

Konsultan Manajemen Balai (KMB) wilayah Bangkalan, Jamaluddin menyampaikan, pelaksanaan P3TGAI dibagi menjadi dua tahap, pada tahap pertama ada 112 lokasi pembangunan irigasi, sedangkan tahap kedua ada 30 lokasi yang tersebar dibebeapa desa.

Baca Juga  Syaifuddin Minta Skema Pembiayaan Perpres 80 Direvisi

“Kalau di Bangkalan itu tersebar di desa yang ada di 10 kecamatan,” ungkap Jamaluddin saat dikonfirmasi, Kamis (02/09/2021).

Jamaluddin mengatakan, saat ini program irigasi pertanian sudah memasuki tahap kedua yakni dalam proses pekerjaan dilapangan. Sementara pekerjaan proyek tahap pertama telah rampung dilaksanakan.

“Pekerjaan dilakukan secara swakelola dengan waktu 110 hari, pengawasannya dilakukan oleh pendamping atau TPM (tenaga pendamping masyarakat),” tandasnya. (*)

Reporter: Rusdi

Loading...
Artikulli paraprakPemotor Asal Tandes Tewas, Jadi Korban Tabrak Lari
Artikulli tjetërKepala BPBD Penuhi Undangan Pansus Covid-19 DPRD Jember

Tinggalkan Balasan