Balap Perahu Layar Meriahkan HUT RI di Kwanyar Bangkalan

0
Tangkapan Layar Lomba Perahu Layar di YouTube Neev Channel

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com)- Tiap daerah punya cara yang unik untuk mengadakan lomba 17 Agustusan. Keunikan itu terlihat di pantai Kwanyar Bangkalan. Dalam peringatan HUT RI ke-77, masyarakat pesisir selatan Bangkalan ini mengadakan lomba alias balapan perahu layar.

Tampak lomba perahu layar itu berlangsung meriah. Perahu-perahu kecil menghiasi layar mereka dengan beraneka ragam gambar dan aksesoris sampai tulisan grafiti berlogo Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI).

Penonton yang ingin menyaksikan lomba perahu layar tidak dipungut biaya alias gratis. Lomba itu diselenggarakan pada 22-23 Agustus 2022. Pada pelaksanaan lomba, tampak cuaca cukup bersahabat. Sehingga perlombaan perahu layar itu pun menyedot perhatian warga. Dalam lomba itu, masing-masing perahu layar saling beradu kecepatan. Tercatat ada 22 perahu layar jenis karoman yang ikut dalam lomba itu.

Baca Juga  Pemilik KenPark Kenjeran Tersangka Berikut Dua Anak Buahnya, Kasus Ambrolnya Seluncuran

Ketua panitia lomba, Moh. Sihab mengatakan lomba perahu layar adalah kegiatan rutin tahunan untuk memperingati hari kemerdekaan. Ajang unjuk kebolehan nelayan itu juga dalam rangka mempromosikan potensi wisata pantai di Desa Kwanyar Barat Bangkalan. “Acara ini digelar secara rutin setiap tahun untuk menjaga tradisi dan budaya masyarakat pesisir,” katanya.

Loading...

Moh Sihab menuturkan jika warga pesisir Kwanyar masih mempertahankan tradisi menangkap ikan dengan peralatan tradisional. Salah satunya menggunakan layar sebagai penggerak perahu dengan tenaga angin. Meski demikian nelayan tetap menyediakan mesin motor sebagai penggerak cadangan jika angin tidak mendukung atau cuaca buruk.

“Nelayan disini masih mempertahankan itu, karena sudah turun temurun menangkap ikan dengan alat tradisional,” imbuhnya.

Baca Juga  Warga Glenmore Soroti Sewa Lahan PT New Glenfalloch

Lomba perahu layar karoman itu juga dilihat langsung oleh anggota DPRD Bangkalan, Sonhaji. Menurutnya, selain turut merayakan peringatan hari kemerdekaan, perlombaan yang sangat menghibur ini juga turut mempromosikan pariwisata pantai dan tradisi perahu layar di Bangkalan.

Ketua Fraksi PPP itu menilai perlombaan tradisi semacam ini perlu di suport dan diperhatikan oleh pemerintah setempat. “Kami rasa ini sangat mendukung untuk kemajuan kebudayaan dan promosi wisata di Bangkalan,” singkat anggota Komisi D DPRD Bangkalan ini.

Reporter: Rusdi

Loading...
Artikulli paraprakIf I Have Actually A Disability, Best Ways To Means This in Internet Dating?

Tinggalkan Balasan