ASN Terlibat dalam Pemenangan Pilbup, Pasangan Calon Terancam di Diskualifikasi

121
Bupati dan Ketua Bawaslu menandatangani MoU (istimewa)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi mengaku akan mendiskualifikasi pasangan calon (Paslon) yang terbukti melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemenangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim. Pihaknya mengingatkan, supaya seluruh ASN di Bumi Blambangan untuk bersikap netral dalam gelaran Pemilihan Calon Kepala Daerah 2020.

Bahkan, apabila terbukti terlibat dalam politik praktis, selain dapat dijerat dengan pidana pemilu, ASN dapat diancam dengan Undang-undang ASN.

Selain itu, jika terdapat paslon yang melibatkan ASN untuk pemenangan dan dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif dapat didiskualifikasi sebagai pasangan calon.

“ASN tidak boleh mendukung paslon atau memfasilitasi kegiatan-kegiatannya. Tidak boleh posting foto dukungan atau live dengan paslon di media sosial. Sanksinya pidana pemilu yang akan ditangani oleh Gakkumdu,” tegasnya kepada wartawan, Kamis (30/9/2020).

Baca Juga  Masa Pandemi, Pengusaha Ikan Hias Koi di Banyuwangi Ini Omsetnya Malah Naik 25 Persen
Loading...

Proses berikutnya, Hamim menambahkan, Bawaslu akan melaporkan hasil penanganannya kepada Komisi ASN. Baik atas dasar temuan Bawaslu maupun laporan dari masyarakat.

Menurutnya, netralitas ASN dinilai penting dalam pemilihan kepala daerah. Hal itu juga termasuk kedalam kerawanan pemilu sesuai yang dipetakan oleh Bawaslu. Tugas ASN, kata dia, adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Maka kami minta para ASN untuk menjaga integritasnya dalam Pilbup Banyuwangi 2020,” Kata Hamim.

Deklarasi dan penandatanganan MoU ini juga disiarkan secara daring ke seluruh ASN yang ada di Kabupaten Banyuwangi, mulai dari jajaran SKPD, Kecamatan hingga kelurahan/desa.

Diharapkan, pelanggaran netralitas ASN di Banyuwangi dapat diminimalisir dan dapat menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi yang demokratis dan bermartabat. (*)

Baca Juga  Nganggur Karena Pandemi, Pemuda ini Terekam CCTV Curi Beras

Reporter: Rochman

Loading...

Tinggalkan Balasan