Arus lalin di Gumitir sudah lancar.

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Petugas terus berusaha membersihkan bekas tanah longsor dan pohon tumbang di Jalur Gumitir kilometer 37. Tumpukan tanah bercampur lumpur masih menumpuk di satu bagian jalan.

Dari data yang dihimpun petugas TRC BPBD Jember. Tinggi longsoran kurang lebih 25 meter dan lebar 15 meter, dan menutup satu bagian jalan.

Anggota Mapolsek Silo bersama TRC BPBD Jember dan relawan lainnya, menunggu kedatangan alat berat Backhoe untuk memindahkan urukan tanah bekas longsor.

Pantauan di lokasi kejadian hingga pukul 12.00, Senin (20/9/2021) siang, arus lalu linta sudah lancar dengan sistem buka tutup arus kendaraan dari dua jalur.

“Kita masih menunggu alat berat Backhoe untuk membersihkan sisa longsoran. Alatnya itu infonya dari Dinas PU Provinsi,” kata salah seorang anggota TRC BPBD Jember Sukirno.

Baca Juga  Imigrasi Surabaya Sosialisasikan Anti Korupsi bersama Satgas Saber Pungli

Untuk batang pohon jenis kokap yang ikut tumbang karena longsoran sudah dipotong menjadi bagian-bagian kecil.

“Makanya sejak pukul 2 dini hari tadi arus kendaraan mulai lancar dengan menerapkan buka tutup arus bergantian. Baik dari arah Jember – Banyuwangi ataupun sebaliknya,” sambungnya.

Loading...

Namun karena sisa longsoran masih menutup satu bagian jalan. Kata Sukirno, membutuhkan alat berat backhoe tersebut.

“Info tadi yang kami terima, alat berat backhoe sudah berangkat menuju lokasi longsor. Kita masih nunggu,” pungkasnya.

Terpisah, Kapolsek Silo AKP Suhartanto mengatakan pihaknya masih terus melakukan pemantauan di lokasi bekas longsoran.

“Termasuk kami juga mengatur arus lalu lintas di lokasi longsoran kilometer 37 ini. Untuk arus lalu lintas terpantau lancar dengan menerapkan buka tutup arus. Karena satu bagian jalan masih tertutup longsoran,” ujar pria yang akrab dipanggil Tanto ini.

Baca Juga  Capaian Vaksin Kurang 50 %, Jember Turun ke Level 3

Sebelumnya diberitakan, Terjadi longsor di Jalur Gumitir, Kecamatan Silo pada kilometer ke 37 sekitar pukul 22.00 WIB, Minggu (19/9/2021) malam. Akibat musibah longsor ini jalur nasional yang menghubungkan Kabupaten Banyuwangi – Jember lumpuh total.

Musibah longsor itu diakibatkan karena tumbangnya Pohon Kokap berdiameter kurang lebih 60 cm dan lilit (akar) sepanjang 200 meter. (*)

Reporter: Eko

Loading...
Berita sebelumyaOperasi Semeru, Penutupan Jalan Juga Dilakukan Polisi di Surabaya
Berita berikutnyaDua Pekan Operasi Tumpas, Polres Gresik Bekuk 25 Tersangka Narkoba

Tinggalkan Balasan