kata Owner Mozza Aquascape, Aufa Aulia Rahman saat menunjukan hasil karya aquascapenya. (FOTO:Rochman/Kabarjawatimur.com)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Warga Banyuwangi belakangan ini mulai menggandrungi seni hias akuarium. Seni hias itu disebut dengan aquascape.

Faktanya, minat untuk mamanjakan mata ini pun menjamur. Ya, warga Banyuwangi berbondong bondong mencari mencari toko-toko aquscape ataupun akuarium di Bumi Blambangan.

Seperti contoh toko Mozza Aquascape yang berada di Jl. Jember Perum Kalirejo, Banyuwangi, atau sebelum RS Fatimah ini.

Dalam pembuatan aquascape sendiri dibutuhkan seni keterampilan dengan menyulap pasir, bebatuan, kayu dan sejumlah tanaman air menjadi panorama alam yang menyerupai wujud aslinya di alam.

Konsep aquascape bertema natural. (FOTO:Rochman/Kabarjawatimur.com)

“Butuh keuletan untuk bisa mengekspresikan keterampilan menyerupai alam sesungguhnya. Tetapi, keterampilan ini kita wujudkan dalam bentuk mini didalam akuarium,” kata Owner Mozza Aquascape, Aufa Aulia Rahman kepada kabarjawatimur.com, Jum’at (9/7/2021).

Baca Juga  Di Sebatik, Taruna AAL Satlat KJK 2021 Kunjungi Patok 3 Tapal Batas Indonesia-Malaysia

Ova, sapaan akrab Aufa Aulia Rahman menjelaskan, konsep akuarium dan aquascape sangat berbeda. Jika akurium hanya ikan yang menjadi titik fokus perhatian. Tetapi jika aquascape, ekosistemnya yang menjadi objeknya.

Loading...

“Jadi akuarium dan aquascape sangat berberda. Cuma, aquascape enak dipandang untuk memanjakan mata,” jelasnya.

Tentunya disaat situasi pandemi yang mengharuskan warga banyak beraktifitas di rumah memanfaatkkan oleh perajin aquascape kebanjiran pesanan aquascape.

Konsep aquascape bertema Iwagumi. (FOTO:Rochman/Kabarjawatimur.com)

Banyak pesanan dari peminat seni aquascape ini. Bahkan, konsep atau tema-tema pun sangat bervariasi. Mulai, natural, jugle, dhutstail, iwagumi, air terjun, dan lain-lain

“Untuk merawat tanaman air di aquascape sendiri itu, harus diperhatikan mulai media tanam dan pupuk. Pokonya, seperti bercocok tanam, tapi ini mini,” jelas Ova saat dibantu dengan istrinya, Mulyana.

Baca Juga  Vaksinasi Santri, Kapolres Probolinggo : Kami Targetkan Semua Santri Tervaksin

Untuk harga pun bervariasi, tidak sampai mematok harga tinggi. Adapun, tanamannya mulai dari tanaman air dan pegunungan. Belum lagi permainan cahaya lampu dapat memanjakan mata agar tidak jenuh dan tidak membosankan ketika dirumah. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaPanglima TNI dan Kapolri Mengecek Vaksinasi serta Kegiatan PPKM Darurat di Jatim
Berita berikutnyaJenis Pelanggaran dari 32 Ribu Terjaring Operasi Yustisi PPKM Darurat

Tinggalkan Balasan