Bupati Bangkalan saat Mengecek Peralatan Penanggulangan Bencana

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com)- Pemerintah Kabupaten Bangkalan melaksanakan apel gelar pasukan kesiapsiagaan bencana Hidrometerorologi di Mapolres Bangkalan, Selasa 26 Oktober 2021.

Apel yang dipimpin Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron itu dilakukan dalam rangka peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Sebab memasuki musim hujan berbagai kemungkinan bencana alam bisa terjadi di Kabupaten Bangkalan seperti halnya bencana banjir, longsor serta cuaca ekstrem.

“Karena itu kita perlu melakukan berbagai persiapan sebagai langkah antisipasi akan bencana yang ditimbulkan.” katanya.

Loading...

Kesiapsiagaan pemerintah dalam mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu sangat penting dilakukan, karena potensi terjadinya bencana perlu diperhatikan bersama. Selain itu diperlukan langkah persiapan yang matang sehingga dapat mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah penanganan secara cepat sehingga dampak bencana yang ditimbulkan tidak semakin besar.

Baca Juga  Pabrik Mebel di Waru Gunung Karangpilang Dilalap Api

“Karena itu dalam apel yang kita adakan ini, juga melibatkan berbagai unsur didalamnya, yakni BPBD dan perangkat daerah terkait, TNI, Polri, elemen masyarakat dan organisasi kepemudaan. Karena itu faktor sinergitas ini menjadi kunci yang sangat penting,” jelasnya.

Ra latif juga mengintruksikan agar para Camat, Kepala Desa yang berada di kawasan rawan bencana untuk proaktif dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya dengan melakukan langkah-langkah penanganan awal serta dapat mengkoordinasikan dan melaporkan setiap kejadian secara cepat.

Reporter: Rusdi

Loading...
Berita sebelumyaKomjen Firli Bahuri: Kita Berikan Penghargaan Kepada TNI-Polri Kendalikan Covid-19 di Jatim
Berita berikutnyaPMI Jember akan Gelar Simulasi Bencana

Tinggalkan Balasan