Kejaksaan Agung RI
Wihadi Wiyanto, anggota Komisi III Fraksi Gerindra.

JAKARTA (Kabarjawatimur.com)
Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto, meminta Bareskrim Polri juga memeriksa oknum yang terlibat sebagai perantara pemberi uang dari Joko Soegiarto Tjandra (JST) alias Djoko Tjandra kepada Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Pasalnya, dalam kasus tersebut, Wihadi berpandangan Jaksa Pinangki bukanlah aktor utama dalam kasus Djoko Tjandra. Melainkan ada beberapa orang diduga kuat mempunyai peranan penting dalam masalah ini untuk memuluskan perkara kepada kejaksaan.

Kendati Jaksa Pinangki sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus gratifikasi oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia lantaran diduga menerima aliran dana sebesar 500 ribu US Dolar dari Djoko Tjandra.

“Kalau seorang sebagai pemberi dana di kasus dua jenderal polisi aktif ikut dalam kasus Djoko Tjandra diperiksa, maka seharusnya pemberi dana Jaksa Pinangki juga mendapatkan perlakuan yang sama dan tidak ditutup-tutupi,” tegas politisi Partai Gerindra ini, Senin (24/8/2020).

Baca Juga  Satpol PP Tertibkan Baliho Ilegal di Banyuwangi

Menurutnya, hingga saat ini pemberi dana ke Jaksa Pinangki tidak diungkap siapa orangnya. Sebab, bukan Djoko Tjandra langsung yang memberikan ke Jaksa Pinangki. Melainkan ada dugaan keterlibatan orang dekat Djoko Tjandra.

Loading...

“Saya berpandangan Pinangki bukanlah aktor utama dalam kasus Djoko Tjandra melainkan ada dua orang dimana mereka punya peran sebagai orang mengatur perkara Djoko Tjandra di kejagung,” sambung politisi dari Dapil IX Bojonegoro-Tuban ini.

Masih kata Wihadi, ia mengaku mendapatkan informasi jika aliran dana didapat oleh Jaksa Pinangki itu ada dari orang-orang yang dekat dengan Djoko Tjandra.

“Saya dapat informasi, masih ada dua dan kedua orang ini adalah orang diduga terlibat dan paling tahu soal Djoko Tjandra, dengan inisial AI dan R,” terangnya.

Baca Juga  Peringati HUT Lantas, 63 Anggota Polantas Gresik Jadi Ortu Asuh Anak Yatim Covid

Lebih lanjut Wihadi menilai, jika seorang pemberi suap kepada dua polisi yang ikut terlibat dalam kasus Djoko Tjandra diperiksa, tidak menutup kemungkinan juga orang dekat Djoko Tjandra yang sudah berkomunikasi langsung dengan Jaksa Pinangki juga harus diperiksa.

“Apalagi sudah mengalirkan dana 500 ribu US Dolar untuk memuluskan kasus Djoko Tjandra harus segera diperiksa oleh Bareskrim Polri,” pungkasnya. (*)

Reporter: Boy
Editor: Rizky Rahim

Loading...
Berita sebelumyaWow! Ada Potensi Kopi Baru di Lereng Gunung Raung
Berita berikutnyaDiduga Terseret Ombak, Seorang Pemancing di Blitar Hilang

Tinggalkan Balasan