DPR RI
Wihadi Wiyanto, anggota DPR RI

JAKARTA (Kabarjawatimur.com)
Anggota DPR Fraksi Gerindra Wihadi Wiyanto mendukung langkah Bareskrim yang berjanji menyikat habis semua pinjaman online (pinjol) ilegal lantaran karena banyak dianggap menyusahkan masyarakat.

“Pertama kita mendukung langkah Bareskrim akan menertibakan dan menangkap semua pinjol ilegal,” tegas politisi dari Dapil Jatim IX Bojonegoro-Tuban ini, Senin (21/6/2021).

Kendati demikian, Wihadi menyarankan agar Bareskrim terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena pinjol-pinjol tersebut ada yang sudah terdaftar di OJK.

Selama ini, kata Wihadi, OJK mempunyai Satgas Waspada untuk bisa menertibakan pinjol tersebut. Namun, keberadaan satgas itu tidaklah maksimal. Walaupun satgas waspada itu tidak bekerja secara maksimal, setidaknya Bareskrim tetap harus berkoordinasi dengan OJK.

Baca Juga  Taruna Satlat KJK 2021 Lanjutkan Pelayaran Etape-6 Menuju Nunukan
Loading...

“Memang diperlukannya Bareskrim untuk segera melakukan tindakan-tindakan yang tidak bisa dilakukan satgas waspada, yaitu melakukan penangkapan kepada pinjol yang melanggar ketentuan UU Perbankan,” sambung politisi asal Partai Gerndra ini.

Untuk itu, Wihadi berharap dengan pergerakan Bareskrim akan meyikat habis pinjol nakal, harus dibarengi juga dengan keterbukaan OJK dalam membantu kerja Bareskrim untuk menyelesaikan pinjol nakal.

“Jadi, prinsipnya OJK harus bisa bicara terbuka dan juga bareskrim juga harus transparan dalam melakukan penertiban pinjol dan juga pihak terlibat karena kemungkinan bisa saja ada keterlibatan oknum-oknum OJK dengan maraknya pinjol,” tandasnya. (*)

Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaRatusan Warga Bangkalan Kepung Balai Kota, Tuntut Bubarkan Tes Swab
Berita berikutnyaForkopimda Lumajang Salurkan 35 Ton Beras dan 70 Ribu Masker untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Tinggalkan Balasan