Adies Kadir
Adies Kadir, Wakil Ketua Komisi III DPR RI

JAKARTA (Kabarjawatimur.com)
Memasuki usianya yang ke-75, kinerja Polri dinilai baik berdasarkan sejumlah hasil survei tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan yang diberikan oleh Korps Bhayangkara ini. Namun, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir berharap, apa yang sudah diraih Polri demi kebaikan masyarakat harus tetap dipertahankan, dan ditingkatkan.

“Harapan ke depan, agar Polri terus berbenah, mempertahankan yang sudah baik, agar Polri bisa lebih proffesional, modern, dan betul-betul dapat melindungi serta mengayomi masyarakat Indonesia tanpa pandang bulu,” ujar Adies Kadir, Kamis (1/7/2021).

Lanjut Adies mengatakan, untuk saat ini Polri masih memiliki tumpukan pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan.

“Yang pasti secara keseluruhan Polri sudah sangat baik, hal itu bisa kita lihat dari tren lembaga-lembaga survei yang menempatkan Polri pada posisi pertama di antara para penegak hukum lainnya. Tetapi memang masih banyak PR yang harus dituntaskan,” sambung Adies.

Baca Juga  Kemenkumham Raih 2 Penghargaan Keuangan dari Kemenkeu

Politikus Partai Golkar tersebut menilai ada sejumlah pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan oleh Polri. Pertama, ia menilai penerapan sejumlah kebijakan Polri di tingkat daerah terkadang belum sejalan dengan kebijakan di tingkat pusat.

Loading...

“Contohnya pelayanan SPKT yang cepat, e-tilang dan restorative justice yang belum berjalan maksimal,” sambung Ketua Umum DPP Ormas MKGR ini.

Selanjutnya, Adies mendorong adanya perbaikan sumber daya manusia (SDM) Polri karena ada personel Polri yang belum menggambarkan Polri yang presisi.

Polri Presisi sendiri merupakan konsep pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan yang diusung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mentransformasi Polri.

“Masih adanya oknum-oknum yang bermental tidak presisi dalam melayani masyarakat,” beber pooitisi Senayan dari Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo ini .

Baca Juga  Pelaku Teror Begal Payudara di Jember Ditangkap

Untuk itu, ia menilai perlu ada perbaikan sistem pendidikan untuk menciptakan polisi-polisi yang presisi. Selain itu, Adies juga mendorong perbaikan kesejahteraan dan jaminan kesehatan bagi anggota Polri dan keluarganya.

Sementara, Adies menilai ada sejumlah kebijakan dan program Polri yang berhasil antara lain SIM online, SKCK online, e-tilang, hingga pemberantasan narkotika.

Untuk diketahui, Polri memperingati Hari Ulang Tahun atau Hari Bhayangkara ke-75 pada Kamis hari ini yang mengangkat tema ”Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat Menuju Indonesia Maju”. (*)

Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaKNKT Segera Ungkap Penyebab Musibah KMP Yunicee
Berita berikutnyaAdies Kadir Mengucapkan Dirgahayu Bhayangkara Ke-75

Tinggalkan Balasan