Ada Tari Gandrung dalam Parade Merah Putih di Puncak Ijen

76
Tari Gandrung dalam Parade Merah Putih di Ijen

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Setidaknya ada 1.200 warga gabungan dari Kabupaten Banyuwangi dan Jember sedang melakukan persiapan Parade Merah Putih yang akan di gelar besok, pada Minggu 20 Oktober 2019, sekira pukul 03.00 dini hari.

Rencananya, ribuan Sang Saka ini bakal dikibarkan diatas langit Banyuwangi, yakni di Puncak Gunung Ijen.

Persiapan dimulai sejak pukul 05.00 pagi tadi. Dengan memakai atribut berwarna merah dan putih, bermacam elemen masyarakat itu menjunjung tinggi lambang negara Indonesia.

Seperti biasa, dalam setiap kegiatan resmi ataupun tidak, di Kabupaten ini selalu diawali dengan sajian tari Gandrung Banyuwangi. Selain untuk melestarikan kesenian tradisional, juga dimaksudkan untuk mengenalkan kepada setiap wisatawan yang hadir saat itu.

Baca Juga  Tidak Memenuhi Standart, Puluhan Gerai Rapid Test Masih Beroperasi, DPRD Banyuwangi Kecewa

Para penari pun menjadi pusat perhatian turis maupun wisatawan domestik lainnya, pengunjung pun berlomba mengabadikan momen tersebut.

Loading...

Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi rela menanggalkan seragamnya, membaur dan bercengkrama dengan warga dalam parade tersebut. Menurutnya, parade ini adalah milik masyarakat Indonesia, tak ada pangkat serta jabatan didalamnya. Semua menjadi satu, yakni Indonesia.

“Apapun agamanya, sukunya, budayanya, bahasanya, pekerjaannya, disini melebur menjadi satu dalam sebuah kesatuan NKRI,” ucap Kapolres Taufik, Sabtu (19/10/2019).

Penggunaan atribut serba merah putih ini, lanjutnya, selain sebagai simbol warna kebanggan, juga merupakan sebuah pernyataan ketundukan dan ketaatan masyarakat kepada negara Bhineka Tunggal Ika, Indonesia.

“Tengah malam nanti, sebanyak 2.400 masyarakat dari 4 Kabupaten akan menggelar doa bersama. Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso akan berdoa akan keselamatan negara tercinta, Indonesia,” katanya.

Baca Juga  Soal Gerai Rapid Test, Dinkes dan Satpol PP Banyuwangi Segera Dipanggil DPRD

Sebagai informasi, Parade Merah Putih ini, akan berakhir di puncak Gunung Ijen, tepatnya disekitaran Kawah. Tak hanya mengibarkan ribuan bendera saja, nantinya juga akan ada pembentangan Sang Saka raksasa di Puncak Gunung Ijen. (*)

Reporter: Rochman

Loading...
Berita sebelumyaPilbup Gresik 2020 Golkar Prioritaskan Tokoh Internal
Berita berikutnyaWabup Pamekasan Bantah Persulit Izin Acara Hiburan

Tinggalkan Balasan