Abu Vulkanik Erupsi Gunung Raung Mengarah ke Banyuwangi Hingga Bali

24
Aktivitas Gunung Raung saat mengeluarkan asap. (Istimewa)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Banyuwangi menyebut jika abu vulkanik Gunung Raung sudah menyebar ke wilayah Banyuwangi Kota hingga Bali, Minggu (7/2/2021).

Berdasarkan pantauan Citra Satelit, wilayah yang terdampak antara lain Kecamatan Songgon, Licin, Glagah, Kalipuro, Giri, dan Banyuwangi kota. Masyarakat diminta untuk memakai masker dan pelindung mata.

Baca Juga:Semburan Abu Vulkanik Erupsi Gunung Raung Bertebaran, Warga Banyuwangi Keluhkan Mata Perih

Selain Banyuwangi, BMKG juga menyebut jika abu vulkanik gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut tersebut mengarah ke Buleleng dan Jembrana, Bali.

“Aktifitas Gunung Raung pada 07 Februari 2021 06.00 Wib, terpantau sebaran debu vulkanik mengarah ke timur,” tegas Prakirawan BMKG Banyuwangi Yustoto Windiarto kepada wartawan.

Loading...
Baca Juga  Bupati Bojonegoro Hadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala

Sementara itu, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Gunung (PPGA) Raung, Burhan Alethea mengatakan, asap kawah teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 500-1000 meter di atas puncak kawah.

“Asap atau abu mengarah ke tenggara-timur, terlihat pantulan cahaya api dan terdengar suara gemuruh,” kata Burhan.

Baca Juga:Gunung Raung Erupsi Semburkan Abu Vulkanik Hingga 1.000 meter di Puncak

Gempa Tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 3-20 mm (dominan 6 mm). Meski begitu saat ini status Gunung Raung masih berada pada level II (waspada).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap diimbau agar tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak Gunung Raung. (*)

Baca Juga  Warga Glenmore Kembali Soroti PT IGG

Reporter: Rochman

 

Loading...
Artikulli paraprakRumah di Griya Bhayangkara Digrebek, Salah Satu Penghuni Kuasai Obat Terlarang
Artikulli tjetërDampak Abu Vulkanik Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup

Tinggalkan Balasan