Absen Diperketat, Fingerprint Guru Tersambung ke Dapodik

4570

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com) –Mulai tahun 2022 ini tingkat kehadiran guru dalam melaksanakan kegiatan mengajar di sekolah lebih diperketat. Sebab, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan membuat aturan baru untuk meminimalisir guru bolos dengan memasang absensi elektronik alias fingerprint.

Pemasangan fingerprint ini diterapkan di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP). Absensi ini terhubung langsung pada aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik). “Ini untuk meningkatkan disiplin ASN,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Selasa 29 Maret 2022.

Bambang mengatakan penerapan Fingerprint ini akan dimulai pada awal bulan April mendatang. Saat ini kata dia, dalam masa pengadaan barang. Harga alat absensi itu dibandrol dengan kisaran Rp 2 juta sampai Rp 3,5 juta. Pengadaan ini dianggarkan dari dana BOS di masing-masing sekolah.

Loading...
Baca Juga  Mahasiswa UINSA Surabaya Belajar Transplantasi Terumbu Karang di Pantai GWD

“Waktu sosialisai saya menyampaikan setiap sekolah supaya tidak menggunakan Finger yang murah karena tidak bisa terhubung ke Dapodik. Silahkan beli apapun jenisnya, cuma kami memberi gambar antara 2 sampai 4 juta,” katanya.

Sementara ini, anggota Komisi D DPRD Bangkalan H. Subaidi mendukung atas inisiatif Dinas Pendidikan untuk mengurangi kenakalan guru bolos mengajar di sekolah. Akan tetapi, dia pun mengingatkan agar pihak sekolah tidak sembarangan dalam membeli alat absensi elektronik tersebut.

“Meskipun harganya tidak terlalu mahal, kami berharap sekolah beli yang bagus, sehingga tidak cepat rusak dan terhubung dengan dapodik,” imbuhnya.

Subaidi berharap dengan adanya pemasangan fingerprint ini bisa meningkatkan kedisiplinan para tenaga pendidik di Bangkalan. “Saya harap setiap tenaga pengajar taat aturan, kegiatan belajar mengajar harus sesuai dengan waktunya untuk meningkatkan kualitas SDM kota,” tutupnya. (*)

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Kunker ke Kabupaten Tala, Terkait Inovasi Sistem E-Katalog Lokal

Reporter: Rusdi

 

Loading...
Artikulli paraprakOknum Satpol PP Dilaporkan Polisi, Diduga Perkosa Pemandu Karaoke
Artikulli tjetërTiga Pemuda ini Aniaya Anak Bawah Umur Hingga Hingga Tewas

Tinggalkan Balasan