3 Kilogram Bahan Peledak Pembuat Petasan Diamankan Dari Rumah Warga di Banyuwangi

75

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Sebanyak 3 kilogram bahan peledak diamankan oleh polisi di rumah AS (46) warga Dusun Padang Baru, Desa Pesucen, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur

Waka Polres Banyuwangi, Kompol Andi Yudha Pranata mengatakan, AS ini diduga akan menggunakan sejumlah bahan peledak yang berupa bubuk mesiu seberat 3 kilogram.

Dari hasil pemeriksaan, oleh AS bubuk mesiu tersebut digunakan sebagai petasan dan juga melayani pesanan dalam jumlah kecil.

“Kami mengamankan 30 bungkus bubuk mesiu. Pengemasannya kecil-kecil sebesar 100 graman,” ucap Andi Yudha saat press release di Mapolres Banyuwangi, pada Jumat (31/5/2019).

Diduga untuk mengelabuhi petugas, AS menyimpan bubuk mesiu dan sumbunya di dalam kaleng cat. Setelah itu, lanjutnya, dibungkus lagi dengan kardus dan dilapisi karung bekas beras

Loading...
Baca Juga  Sosialisasi Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan, Bersama Dokter Anak dan Kominfo Bojonegoro

“Mungkin harapannya supaya orang-orang tidak tahu,” kata Waka Polres

Bubuk mesiu, kata Waka Polres, dikategorikan dalam bahan peledak low explosive. Namun, jika bubuk-bubuk mesiu kemasan 100 gram tersebut dijadikan 1 dapat meledakkan sebuah rumah.

“Daya ledaknya walaupun masuk low explosive tapi kalau dijadikan satu potensinya juga cukup membahayakan. Bisa meledakkan rumah,” paparnya.

Atas perbuatannya, pelaku diancam dengan pasal 1 ayat 3 Undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun penjara

Reporter: Rochman
Editor: Rizky

Teks Foto: Waka Polres Banyuwangi, Kompol Andi Yudha Pranata ketika menunjukan Barang Bukti (BB)

Loading...
Artikulli paraprakH-5 Menjelang Lebaran Harga Daging Di Banyuwangi Mulai Naik
Artikulli tjetërPolisi Tak Tilang SIM Mati Usai Lebaran, ini Penjelasannya

Tinggalkan Balasan