Beranda headline 24 Orang Reaktif Positif, Perumahan Mastrip Jember Klaster Baru COVID-19

24 Orang Reaktif Positif, Perumahan Mastrip Jember Klaster Baru COVID-19




JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Sebuah perumahan di Jember menjadi klaster baru penularan virus Covid-19. Puluhan orang yang tinggal di perumahan padat penduduk telah menjalani tes cepat atau rapid test dan hasilnya reaktif positif.

Rapid Test Massal digelar di Perumahan Mastrip, Sumbersari kemarin Jumat (22/5/2020). Upaya ini dilakukan menyusul ditemukan 1 orang positif yang berdomisili di lingkungan tersebut.

“Ini upaya tracing kontak kluster Gowa”, ujar Gatot Triyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam rilis media Sabtu (23/5/2020).

Hasil dari Rapid Test itu diperoleh 24 orang reaktif dari 46 orang yang menjalani Rapid Test.

“Tapi ini baru hasil rapid, belum bisa dikatakan yang bersangkutan positif COVID-19 lho ya”, tegas Gatot yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

Warga yang hasilnya pemeriksaan positif akan menjalani pemeriksaan Rumah Sakit. Mereka akan menjalani cek darah lengkap, foto thorax dan dilakukan swab untuk memastikan apakah positif COVID atau tidak.

Namun dari 24 orang yang hasilnya reaktif, ada 6 orang yang menolak dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bahkan tidak semua mau dilakukan rapid test.

Untuk itu, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 meminta kepada masyarakat untuk kooperatif.

“Tidak ada yang perlu ditakuti. Ini upaya menjaga kesehatan bersama” pesan Gatot.

Pemerintah bersama TNI dan Polri akan melakukan langkah persuasi kepada masyarakat.

“Kami lakukan pendekatan persuasif agar semua yang kontak erat bersedia dites”, ujar Gatot.

Masih menurut Gatot, hari ini akan dilanjutkan pendataan kepada keluarga dari 24 orang yang dinyatakan reaktif.

“Ini bagian dari upaya tracing”, pungkasnya Gatot. (*)

Reporter: Rio Christiawan




Loading...


Tinggalkan Balasan

TRENDING

Peras Tersangka 2 Milyar, Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya: Itu Berita Fitnah

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) -  Beberapa media di Surabaya memberitakan berita tidak terbukti jika Satresnarkoba Polrestabes Surabaya melakukan pemerasan terhadap terduga pelaku berinisial S pengguna narkoba di...

Pencairan BLT Desa Bono Tulungagung Diduga Bermasalah, Polisi Segera Periksa

TULUNGAGUNG, (Kabarjawatimur.com) - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Bono, Kecamatan Pakel, Tulungagung sebesar Rp. 600 ribu telah dicairkan. Ironisnya, sejumlah warga mengaku hanya menikmati...

Usai Adu Jotos, Habib Umar dan Satpol PP Akhirnya Berdamai

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) - Usai adu jotos petugas Satpol PP dengan Habib Umar di Cek Poin PSBB exit Tol Kota Satelite Darmo Kota Surabaya, berujung mediasi...

Polisi Jember Juga Amankan Mobil Gerry

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Anggota Sat Reskrim Polres Jember hanya butuh waktu 3 hari untuk mengungkap pelaku pembunuhan Yohanes Satryo Leonardo Gerry atau Gerry. Polisi berhasil...
Loading...