24 Milyar hasil Penjualan Bandar Narkoba Disita BNN

32

SURABAYA, Kabarjawatimur.com-
Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengungkap hasil tindak pidana pencucian uang atau TPPU dari kasus peredaran narkoba dengan total aset yang disita mencapai 24 milyar

Puluhan milyar uang itu diantaranya berupa mobil mewah, sepeda motor, rumah mewah, emas, serta uang tunai.

Aset yang disita ini berasal dari lima tersangka narkoba jaringan Lapas Tangerang yang berhasil diungkap BNN pada, 4 Maret 2017 lalu.

Dari pengungkapan ini, BNN juga mengamankan lima tersangkanya yakni, Army Roza alias Boby, Ali Akbar Sarlak alias Shamsolla, Tamia Tirta Anastasya alias Sunny Edward, Lisan Bahar dan Adiwijaya Yudi.

Sementara satu tersangka atas nama Tamia tidak dapat dihadirkan karena sedang menajalani perawatan akibat sakit yang dideritanya.

Loading...
Baca Juga  Binda Korwil Jember Dampingi Dinas Kesehatan Kejar Capaian Vaksinasi Dosis 2 dan Boster

Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko mengatakan, jaringan narkoba ini menggunakan uang hasil penjualan narkoba untuk membeli properti, kendaraan hingga perhiasan.

Selain itu sebagian uang juga ditukar dengan mata uang asing atau Valas dan dibelikan tanah, mobil dan rumah di Jakarta, Surabaya Tangerang, Cilacap dan Taiwan.

“Mereka juga sempat membuat usaha fiktif berupa money canger atau pertukaran mata uang untuk melancarkan bisnis narkobanya,” jelas Heru Winarko, Selasa (31/7/2018).

Dalam ungkap kasus tindak pidana pencucian uang atau TPPU itu sendiri, BNN melakukannya di salah satu aset milik tersangka dikawasan Jalan mulyorejo No. 45 Surabaya.

BNN juga melibatkan langsung instansi terkait seperti Kepala PPATK atau pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan, serta Dirjen Pemasyarakatan.

Baca Juga  Kurir Catering Dibekuk Polisi Diparkiran Motor

Teks foto : Kepala BNN pamerkan pelaku natkoba dan PPTU.

Reporter : Ekoyono
Editor : Rusmiyanto

Loading...
Artikulli paraprakTiga Bulan Kabur, Satu dari Dua Residivis Curanmor Ditangkap Pollsek Kenjeran
Artikulli tjetërIni Akibatnya, Bawa HP milik Orang Lain

Tinggalkan Balasan