11 Parpol Jember Kompak Siapkan 1 Penantang Petahana, Ini Alasannya

1795

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – 11 pimpinan parpol parlemen, beberapa waktu lalu telah melakukan pertemuan. Pada pertemuan itu mereka telah menghasilkan kesepakatan salah satunya dukungan parpol kepada DPRD Jember atas pemakzulan pada Bupati.

Namun ada satu kesepakatan lainnya yang baru diketahui publik ini pasca tersebarnya foto surat kesepakatan yang ditanda tangani 11 pimpinan partai yang hadir pada pertemuan.

Kesepakatan itu adalah 11 partai sepakat akan mengusung satu pasangan untuk ditarungkan melawan petahana.

Sekertaris DPC Partai Demokrat Agusta Jaka Purwana yang ikut dalam pertemuan itu saat dikonfirmasi Sabtu (1/8/2020) membenarkan isi dari surat itu.

“Iya benar seperti itu,” kata Agusta.

Menurut Agusta, kesepakatan itu menunjukan partai parlemen di Jember kompak dan satu kata menolak petahana, meskipun keputusan akhir penentuan calon bupati berada di tangan DPP partai masing-masing.

”11 partai ini sepakat menolak petahana, dan kejadian ini tidak pernah terjadi dalam sejarah kepartaian di Jember,” ungkapnya.

Baca Juga  Terbakar Api Cemburu, Pria di Bangkalan Ditikam dengan Pisau Hingga Tewas

”Terima Kasih kepada Bupati yang telah membuat partai yang ada di Jember ini kompak untuk melawan kebijakan yang nota bene kebijakan itu merugikan kepentingan masyarakat,” sambungnya.

Embrio terjadinya kesepakatan 11 parpol itu menurut mantan ketua Hipmi Jember itu berawal dari terbentuknya kaukus perubahan yang beranggotakan 7 partai yakni Demokrat, PPP, Golkar, PAN, Perindo, Berkarya, dan PKS.

Loading...

”Berawal dari kaukus perubahan, kemudiam kita ingin penyamaan partai besar (PDIP, PKB, Gerindra, Nasdem), (akhirnya) semua partai satu visi kita kembangkan namanya gerakan perubahan,” terangnya.

Kesepakatan yang diambil oleh pimpinan parpol di tingkat kabupaten ini kemudian akan dibawa ke DPP masing-masing partai.

”Terserah DPP nanti seperti apa yang penting DPC dan DPD partai di Jember ini kompak dan kita akan menginformasikan kepada wakil-wakil kita yang duduk di DPR RI,” pungkasnya.

Baca Juga  Ketua PWNU Jatim Isyaratkan Dukungan di Pilkada Gresik ke Gus Yani - Neng Min

Hal senada dikatakan oleh Ketua DPD Partai Perindo Jember Hanung Priyobodo.

”Ini menandakan bahwa 11 partai yang punya kursi di parlemen ini sepakat, bersama-sama membangun Jember lebih baik,” kata Hanung.

”Pemimpin partai sepakat memilih pemimpin yang patut diusung, didukung dan dimenangkan oleh 11 partai yang ada di kabupaten Jember ini,” sambungnya.

Masih menurut Hanung agar kesepakatan untuk mengusung 1 calon penantang bupati petahana, kesebelas partai itu harus menurunkan ego partai masing-masing.

”Tapi yang jelas 11 partai itu harus meninggalkan ego partai masing-masing ini terbukti dengan kesepakatan bersama 11 partai ini,” katanya.

”Masih ada waktu untuk mengkomunikasikan lebih lanjut satu calon pemimpin (calon bupati) yang akan diusung 11 partai ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rio

Loading...

Tinggalkan Balasan