1 WNA China Menolak Dipulangkan dari Bandara Banyuwangi

881
TKA dari China yang memakai seragam lengkap pabrik semen, PT Sinoma Engineering, Jember, saat dibantu oleh Kapolsek Rogojampi, Kompol Agung Setyo Budi, pada Senin (25/5/2020) kemarin. FOTO: Kabarjawatimur.com

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Mr’ Cui Changqing, salah satu tenaga kerja asing (TKA) dari China yang bekerja di salah satu pabrik semen di Jember, serta enggan dipulangkan ke Negaranya melalui Bandara Internasional Banyuwangi, masih bertahan selama 24 jam lebih.

Terlihat, petugas TNI-Polri dan petugas Bandara menjaga TKA tersebut agar tidak berulah kembali, seperti yang dilakukan, pada Senin (25/5/2020) kemarin, dengan mengamuk dan melakukan aksi sembunyi dibawah kolong bus pariwisata.

“Kita terus lakukan negosiasi apa yang dia minta. Kita hati-hati dalam penanganan WNA. Kita tidak mau gegabah,” tegas Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada wartawan.

Menurut Arman, beberapa anggota dan Kapolsek Rogojampi, Kompol Agung Setyo Budi terus melakukan pemantauan selama 24 jam lebih. Negosiasi terus dilakukan untuk mengetahui keinginan TKA yang berulah sembunyi di kolong bis yang membawanya dia dari Jember ke Banyuwangi.

Baca Juga  Doyan Foya-Foya Main Perempuan, Dua Pria ini Bermalam di Penjara
TKA dari China enggan pulang ke negaranya, bertahan di Terminal Bandara Banyuwangi

“Selama 24 jam lebih kita pantau. Apa yang dia mau kita turuti. Sepertinya yang bermasalah itu si TKA ini. Mulai berbuat ulah dengan teriak-teriak dan tidak mau memberikan penjelasan yang jelas,” kata Kapolresta Banyuwangi.

Loading...

Menurut Arman, beberapa negosiator didatangkan untuk mengetahui penyebab dia tak mau diberangkatkan pulang ke negara asalnya. Dirinya hanya mengaku belum puas dengan hak-haknya dari perusahaan tempatnya dirinya bekerja.

TKA saat rebahan di terminal Bandara Banyuwangi

Pantauan awak media, TKA tersebut tidur terlentang, sambil ngoceh dengan bahasa China. Sedangkan Polisi dan aparat pengamanan Bandara hanya memantau dari jauh. Hingga kini, 1 TKA itu enggan diajak pulang ke Jember. Pihaknya. bersikukuh bertahan di terminal Bandara Internasional Banyuwangi.

Baca Juga  Ratusan Orang Terjaring Operasi Yustisi Wajib Masker di Jember

Sebagai informasi, sebanyak 150 tenaga kerja asing yang bekerja di pabrik semen di Jember dipulangkan ke negara asalnya, pada Senin (25/5/2020).

Setidaknya, ada 4 TKA yang gagal berangkat karena dokumennya belum lengkap. Mereka menumpangi maskapai Batik Air charter flight repartriasi WNA dengan nomer flight ID 8591 tujuan Banyuwangi – Jakarta, dan selanjutnya menuju Guangzhou, China. (*)

Reporter: Rochman

Loading...

Tinggalkan Balasan